Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Mobile Banking

Dengan mobile banking Anda dapat melakukan berbagai transaksi dengan mudah. Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, tentunya memudahkan Anda dalam melakukan berbagai hal. Salah satu transaksi yang bisa Anda lakukan melalui mobile banking adalah membayar tagihan atau iuran BPJS Kesehatan.

Tidak perlu capek menganteri, sekarang Anda dapat langsung membayar BPJS Kesehatan Anda di mana pun dengan mudah melalui mobile bangking. Selain dapat dilakukan di mana saja, cara bayar BPJS Kesehatan lewat mobile banking juga dapat dilakukan kapan saja.

Mobile Banking

Sehingga, Anda tak usah khawatir lagi telat membayar tagihan BPJS Kesehatan. Sebagai peserta BPJS Kesehatan, memang sudah semestinya Anda membayarkan tagihan BPJS kesehatan secara teratur tiap bulan, dan jangan sampai lewat tanggal pembayaran.

Tentunya sesuai dengan tagihan yang harus Anda bayarkan. BPJS Kesehatan dibagi menjadi 3 kelas. Setiap kelas memiliki jumlah tagihan yang berbeda-beda.

Jika peserta BPJS kesehatan yang menunggak akan menerima denda sebesar 2,5 % atau bahkan 5 %. Hal ini sesuai aturan dalam Perpres No. 64 tahun 2020. Selain didenda, ada konsekuensi lain yang akan diterima oleh peserta BPJS Kesehatan yang menunggak membayar tagihan.

Konsekuensi tersebut adalah akan terhambatnya pelayanan kesehatan atau fasilitas kesehatan bagi peserta yang menunggak. Hal ini dikarenakan oleh beberapa hal berikut ini; Peserta BPJS Kesehatan yang menunggak pembayaran tagihan, maka secara otomatis akan dinonaktifkan sementara sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Status non-aktif akan berlaku sejak tanggal 1 di bulan berikutnya. Jika peserta ingin kembali aktif menjadi peserta BPJS Kesehatan, maka peserta harus melakukan hal berikut ini, harus melakukan Pembayaran iuran bulanan yang tertunggak. Paling banyak 24 bulan; Harus melakukan pembayaran iuran berjalan.

Apabila dalam waktu selama 45 hari semenjak peserta kembali aktif menjadi peserta BPJS Kesehatan, jika peserta membutuhkan rawat inap, maka peserta tersebut akan dikenakan denda pelayanan.

Itulah beberapa konsekuensi yang akan Anda terima jika menunggak pembayaran BPJS Kesehatan. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa membayar BPJS Kesehatan bisa melalui mobile banking. Lantas bagaimana cara bayar BPJS Kesehatan lewat mobile banking? Mari langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Mobile Banking

Bagi Anda yang nasabah bank BRI, maka langsung saja simak caranya berikut ini:

  • Pertama jika belum memiliki mobile banking BRI, maka Anda bisa download bri mobile banking terlebih dahulu
  • Jika sudah, masuklah ke mobile banking BRI Anda; Lalu pilih dan klik ‘Mobile Banking BRI
  • Selanjutnya, pilih dan klik menu ‘PEMBAYARAN
  • Pilih dan klik menu ‘BRIVA
  • Setalah itu, masukanlah kode 88888 dan 11 digit angka terakhir dari nomor BPJS Kesehatan Anda pada kolom Nomor Briva
  • Masukanlah jumlah bayar BPJS Kesehatan yang harus Anda bayarkan; Sebelum meng-klik ‘OK’ sebaiknya Anda cek kembali agar tak terjadi kesalahan
  • Jika dirasa sudah benar, maka langsung saja klik ‘OK
  • Kemudian, masukanlah PIN SMS banking BRI Anda, lalu klik ‘SEND
  • Apabila transaksi berhasil, maka Anda akan mendapatkan SMS dari 3300 yang menyatakan pembayaran BPJS Kesehatan sukses
  • Transaksi pembayaran BPJS Kesehatan pun selesai.

Posting Komentar untuk "Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Mobile Banking"